0
Sisi Hidup, Tokoh -  Damar Canggih Wicaksono anak kedua mendiang Dono, Komedian Warkop DKI ternyata seorang seorang ahli nuklir. Meskipun harus menjadi seorang yatim piatu di usia yang masih muda, Damar berhasil membuktikan kegigihan tekadnya.

Sang ibu meninggal karena kanker payudara pada tanggal 14 Agustus 1999 silam. Sedangkan ayahnya meninggal 2 tahun setelah kematian istrinya atau tepatnya pada 30 September 2001 di usia 50 tahun. Namun demikian, berbagai prestasi membanggakan mampu diraih putra komedian Dono Warkop tersebut. Damar Canggih Wicaksono mampu lulus dengan prestasi tinggi dalam setiap jenjang pendidikannya.

Menurut Indro, putra sahabatnya itu selalu lulus dengan predikat Cum Laude. Ia terakhir kali berhubungan dengan anak kedua Dono itu, saat Damar sedang berlibur dan pulang dari Eropa.

Damar melanjutkan studi S2-nya di Universitas École Polytechnique Federale De Lausanne (EPFL) Swiss dengan mengambil jurusan teknik nuklir setelah menyelesaikan pendidikan di UGM tahun 2009 silam. Damar berhasil lulus dengan predikat masternya pada tahun 2012 dan termasuk salah satu mahasiswa terbaik saat itu. Damar juga pernah meraih Best Paper Award di acara International Topical Meeting on Nuclear Reactor Thermalhydraulics (NURETH-16).



Saat ini Damar tengah menempuh S3-nya di Swiss. Untuk menempuh pendidikan Doktoral, usia yang baru sekitar 29 tahun, Damar sebenarnya masih cukup muda dan saat ini juga belum berkeluarga.

"Selama menuntut S3, dan presentasi ke beberapa negara dia jadi the best student. Kalau saya nggak salah 2 kali di USA dan 1 kali di Jepang," ungkap Indro.

Sementara dari data yang dirilis Univeritas tempat Damar menuntut ilmu, setidaknya ada 6 kali sosok eksentrik tersebut menyumbangkan karya dan menjadi pembicara dalam konferensi internasional Nuklir baik di Jepang dan Amerika Serikat. Hal itu dijalaninya sejak tahun 2012 silam, dan berikut beberapa di antaranya:

16th International Topical Meeting on Nuclear Reactor Thermalhydraulics (NURETH-16), Chicago, Illinois, USA, 2015.
The 10th International Topical Meeting on Nuclear Thermal-Hydraulics, Operation and Safety (NUTHOS-10), Okinawa, Japan, 2014.
PHYSOR 2014 International Conference, The Westin Miyako, Kyoto, Japan, 2014.
International Conference on Mathematics and Computational Methods Applied to Nuclear Science and Engineering (M&C 2013), Sun Valley, Idaho, USA, 2013.
2012 International Congress on Advances in National Power Plants (ICAPP '12), Chicago, Illinois, USA, 2012.

Post a Comment

 
Top