0
Sisi Hidup - Memang tidak mudah menghilangkan atau menghentikan kebiasaan merokok. Namun setidaknya kita bisa mengimbangi efek dari rokok lewat makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa membantu mengimbangi dan menjaga agar para perokok bisa tetap hidup sehat.
Makanan sehat untuk perokok
Makanan sehat untuk perokok

1. Kedelai
Tips Membersihkan Paru-Paru Bagi Perokok

Berikut petikan berita Kedelai Perbaiki Paru-Paru :
"MENGONSUMSI makanan dan minuman yang mengandung banyak kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi serangan penyakit sesak nafas kronis.

Tim studi yang dipimpin Fumi Hirayama asal Jepang meneliti 300 pasien sesak nafas dan 340 orang sehat mengenai konsumsi kedelai. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi produk-produk yang mengandung kedelai ada hubungannya dengan membaiknya fungsi paru-paru dan turunnya risiko terkena sesak nafas.

"Setelah diteliti, flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai bertindak sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang menyebabkan kanker bagi para perokok," jelas Hirayama.

Menurut Hirayama, selain baik bagi paru-paru, kedelai juga bisa menurunkan kolesterol serta mengatasi gejala menopause.

2. Makan Sayur (Anti Oksidan)

Brokoli, apel, serta sayur dan buah lainnya yang kaya antioksidan bisa membantu memperbaiki dan melindungi paru-paru Anda. Satu studi telah menunjukkan bahwa paru-paru orang yang mengkonsumsi lebih dari 5 apel dalam seminggu berfungsi lebih baik dari paru-paru mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsi apel.

Selain itu, antioksidan isothiocyanate pada sayuran seperti brokoli, tauge, serta kol bunga juga terbukti bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.

Sayuran kol, kubis hijau dan merah berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pelindung paru-paru. Makanan sumber nutrisi paru-paru lainnya meliputi
buah bit, wortel, ketela, labu, biji wijen, almon, aprikot, kacang, serta buah sitrus.

3. Jeruk Nipis
setelah di anaisis melalui alat GC-MS, air jeruk nipis mampu menurunkan kadaar nikotin hingga 70,65. Namun air jeruk nipis disini hanya alat bantu untuk dapat berhenti merokok.

4. Konsumsi Buah Bervitamin C
Konsumsi vitamin C setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Menurut para ahli, vitamin C sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C banyak terkandung pada buah-buahan seperti jeruk, apel, strawberry, mangga, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi vitamin C, racun yang dihasilkan dari rokok dapat dinetralisir dengan baik.

5. Minum Air Putih
Perbanyak minum air putih akan membantu untuk mengelurkan racun dan nikotin yang telah terakumulasi dalam tubuh Anda setelah bertahun-tahun merokok.

Post a Comment

 
Top