0
Sisi Hidup - Sayuran sudah tidak diragukan lagi akan manfaat sehatnya. Itulah sebabnya banyak saran kesehatan yang menyebutkan bahwa jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan fit, maka sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi sayur pada menu harian Anda.

Selain baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda, sayuran juga baik dalam menjaga kesehatan ginjal Anda. Perlu Anda ketahui bahwa ginjal memainkan peranan penting untuk menghilangkan kadar air berlebih dan kotoran dari dalam tubuh. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal.

Sayur untuk kesehatan ginjal
Sayur untuk kesehatan ginjal

1. Kubis

Kubis sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah dengan ginjal mereka karena kandungan kalium yang rendah dalam tubuh. Kubis juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, dan tinggi serat. Kandungan photochemicals dalam kubis dapat memerangi bermacam jenis kanker serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular.


2. Kembang kol

Selain kubis, kembang kol juga baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan ginjal. Sebab kembang kol dapat mengurangi peradangan dan oksidasi dalam ginjal serta membantu dalam proses detoksifikasi ginjal. Tingginya serat dalam kubis juga baik untuk memerangi diabetes dan penyakit jantung.

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antioksidan tinggi di dalamnya sehingga sangat baik dalam memerangi radang ginjal. Bawang putih juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Wortel

Mereka yang memiliki masalah ginjal kronis sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel. Sebab wortel dapat mengatur hipertensi dan diabetes yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

5. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah atau bawang bombay juga memiliki khasiat yang besar untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Bawang merah mampu membantu dalam mengurangi kekentalan darah. Selain itu kandungan antioksidan dalam bawang merah berperan dalam mencegah kristalisasi dan pertumbuhan batu ginjal.

6. Lobak

Lobak memiliki gizi yang tinggi untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Sebab lobak akan membersihkan racun yang terakumulasi dalam ginjal dan menghambat infeksi pada ginjal. Bonusnya, lobak juga rendah akan kalori sehingga dapat Anda gunakan sebagai menu diet Anda.

7. Biji labu

Biji labu sangat kaya akan zat antioksidan, vitamin, dan mineral. Biji labu juga dapat meningkatkan kesehatan fungsi ginjal dengan mengurangi risiko batu ginjal.

8. Buncis

Buncis memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ginjal Anda. Tingginya kandungan serat dalam buncis membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu buncis juga rendah kolesterol sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Ginjal merupakan organ tubuh yang vital. Beberapa penyakit umum yang bisa menyerangnya adalah batu ginjal dan kanker ginjal. Tentu saja hal tersebut sangat mengerikan. Oleh karena itu cegah ancamannya dengan rajin mengonsumsi makanan di atas.

Sumber: www.merdeka .com

Post a Comment

 
Top