0
Sisi Hidup - Dampak penggunaan ponsel masih menyisakan perdebatan panjang hingga saat ini. Ada pihak yang menyakini bahwa radiasi ponsel dapat mengganggu kesehatan. Namun, ada juga yang bersikukuh bahwa ponsel tidak berbahaya. Banyak penelitian yang dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis bahaya radiasi ponsel bagi ibu hamil dan janin.

Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Ibu Hamil dan Janin
Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Ibu Hamil dan Janin
Penemuan baru saat ini menunjukkan bahwa gelombang radio yang dipancarkan HP bisa merusak struktur DNA manusia. Penelitian ini dilakukan oleh 12 lembaga reset, 7 diantaranya ada di Eropa selama 4 tahun 1996, Universitas of Washington, Seattle menemukan bahwa EMR dalam bentuk energi gelombang radio rendah terbukti bisa merusak DNA.

Kelompok riset Jerman, Verum mencoba mempelajari efek radiai HP terhadap sel-sel tubuh manusia. Hasilnya sel-sel tubuh yang terkena paparan gelombang elektromagnetik seperti pada HP mengalami kerusakan yang signifikan.

Studi dari 13 159 pekerja di AS dan Denmark, tentang pengaruh ponsel terhadap ibu  dan anak-anak menyimpulkan bahwa wanita yang menggunakan ponsel selama kehamilan, meningkatkan resiko gangguan terhadap perilaku anak-anak mereka hingga 54 persen.

Riset itu juga sejalan dengan penelitian yang dilakukan sebuah bidang penelitian di Universitas Yale, Amerika Serikat yang mengungkapkan bahwa penggunaan ponsel pada wanita hamil ternyata memang memiliki dampak buruk untuk kesehatan janin dalam kandungannya.

Para peneliti bahkan menganjurkan para ibu hamil untuk tidak meletakan ponselnya dalam saku di dekat perutnya, mengingat bahaya radiasinya akan berpengaruh terhadap kesehatan sang janin.

Dampak yang ditimbulkan dari paparan radiasi tersebut terhadap janin adalah dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi, menyebabkan gangguan memori (daya ingat), menimbulkan perasaan cemas, gangguan perilaku pada bayi serta dapat menyebabkan hiperaktivitas pada bayi nanti.

Otak bayi masih lebih sensitif daripada otak orang dewasa. Paparan dari radiasi yang mungkin tidak berdamak terlalu besar bagi orang dewasa, dapat memberikan pengaruh cukup besar sehingga dapat mengganggu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Pada penelitian lain juga diuji coba pada tikus yang sedang mengandung. tikus dinilai memiliki kemiripan genetik serta karakteristik biologis dengan yang ditemukan pada manusia, mendapatkan pengaruh yang sangat mengejutkan. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa bayi tikus yang lahir ternyata mengalami masalah pada otak serta perilakuknya.

Nah sekarang sudah tahu kan bahaya radiasi ponsel bagi kesehatan ibu hamil dan janin? Sayangilah keluarga Anda. Lalu bagaimana menghindari hal tersebut?
Silahkan baca artikel Tips Sederhana Menghindarkan Bahaya Radiasi Ponsel.

Post a Comment

 
Top