0
Sisi Hidup - Sudah tahu kan manfaat luar biasa yang didapat dari berolahraga saat puasa? jika belum, coba deh baca dulu artikel sebelumnya Manfaat Olahraga Saat Berpuasa.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dan aman saat berolahraga sambil puasa, kita perlu tips jitu untuk menjalaninya. Berikut ini adalah tips berolahraga saat puasa:

Tips berolahraga saat puasa
Tips berolahraga saat puasa
1. Menjaga intensitas dan tidak berlebihan
Meskipun olahraga itu baik untuk tubuh, ketika berolahraga akan memicu keringat dan keluarnya ion-ion dalam tubuh. Saat puasa kita tidak boleh makan dan minum kan? Jika keluarnya keringat dan ion berlebih tidak dibarengi dengan asipan minum dan makanan maka tubuh akan berbalik menjadi dehidrasi dan menguras energi. Hal ini justru akan membahayakan tubuh.

Dehidrasi akibat kekurangan cairan (minum) akan memicu tubuh untuk menggunakan cairan yang ada dalam darah sehingga darah menjadi leih kental. Hal ini akan membuat kerja ginjal dan jantung menjadi lebih keras.

Dengan demikian, kita harus bisa membatasi intensitas olahraga kita. Lakukan olahraga ringan jangan terlalu memforsir tubuh. Olahraga saat puasa lebih ditekankan untuk memicu ketersediaan glukosa yang diambil dari energi cadangan dan menambah adrenalin agar tubuh lebih bugar dan semangat. Jadi jangan sampai olahraga kita malah justru membuat batal puasa karena kehausan (dehidrasi).

2. Memilih jenis olahraga yang tepat
Ingat, olahraga saat berpuasa bukanlah ajang lomba atau unjuk kebolehan. Olahraga hanya ditujukan agar ketersediaan glukosa untuk energi dan adrenalin untuk menjaga detak jantung agar lebih semangat. Olahraga yang keras akan menguras energi dan keringat.

Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu memeras keringat agar tidak dehidrasi. Karena Cairang tubuh itu sangat penting bagi tubuh. Adapun jenis olahraga yang tepat bisa dibaca di artikel Jenis Olahraga yang Aman saat Puasa.

3. memilih waktu yang tepat
Supaya penguapan dan keringat tidak berlebihan, kegiatan jasmani apa pun selama berpuasa sebaiknya dilakukan di tempat yang sejuk. Karena tujuan olahraga saat ini adalah untuk mengejar degup jantung, dan bukan memeras keringat. Kelewat berkeringat malah mengancam terjadinya dehidrasi.

Nah artinya jangan berolahraga di siang bolong. Usahakan cari waktu yang dimana panas matahari tidak terlalu menyiksa keringat. Lebih jelasnya silahkan baca artikel selanjutnya Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Puasa.

Dengan mengikuti tips berolahraga di atas, semoga kita bisa tetap menjaga kebugaran tubuh tanpa harus mengganggu puasa kita apalagi kalau sampai batal, sayang kan?

Post a Comment

 
Top