0
Sisi Hidup - Evan dimas berhasil membawa kemenangan Indonesia menuju Semifinal Seagames 2015. Lewat tendangan cantiknya dari luar kotak pinalti Evan dimas berhasil menjebol pertahanan Singapura.
Evan Dimas berhasil cetak gol
Evan Dimas berhasil cetak gol
Pertandingan di Grup A cabang sepak bola Sea Games 2015 yang berlangsung di Stadion Jalan Besar di Kallang, Singapura, pada Kamis malam (11/6/2015) berhasil dimenangkan oleh para pejuang-pejuang lapangan Garuda Muda.


Gol tunggal Indonesia dicetak Evan Dimas Darmono pada menit ke-47 melalui serangan balik yang memanfaatkan umpan tarik dari Muchlis Hadi Ning Saifulloh. Sebenarnya, Indonesia cukup seri untuk lolos ke babak semifinal menghadapi Thailand yang menjadi juaea Grup B, sedangkan Singapura harus memenangi pertandingan yang dipimpin wasit asal Korea Selatan Kim Hee-gon ini. Namun pasukan garuda muda berhasil mengukuhkan kehebatannya di lapangan.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh SCTV, Garuda Muda asuhan pelatih Aji Santoso lebih menguasai permainan meskipun tuan rumah Singapura sesekali juga membangun serangan yang cukup membahayakan gawang Teguh Amirudin dengan ujung tombak Safirul Sulaiman dan Sahil Suhaimi.

Pada menit 21, Indonesia mulai membuka peluang dengan tendangan jarak jauh mendatar dari luar kotak penalti yang dilepas Adam Alis, namun masih dapat diamankan kiper Syazwan Buhari.

Berselang 3 menit kemudian, bermula dari serangan yang dibangun Abduh Lestaluhu, terjadi kemelut di depan gawang Singapura, namun Evan Dimas Darmono meleset ketika mencoba menghantam bola dan akhirnya bisa disapu bek tuan rumah.

Pada menit ke-33 hadir peluang terbaik dari Ahmad Noviandani yang mengakhiri kerja sama satu-dua dengan Evan Dimas dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti, namun masih dapat ditepis kiper Syazwan dan hanya menjadi sepak pojok.

Memasuki 10 menit terakhir babak pertama, Singapura meningkatkan tekanan ke wilayah pertahanan Indonesia. Beruntung gawang Indonesia masih tetap aman di bawah pertahanan yang dikomandani Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu.

Memasuki babak kedua, Singapura mengambil inisiatfi serangan. Namun, justru itu membuka celah pertahanan tim asuhan Aide Iskandar.

Serangan balik Indonesia membuka kesempatan Muchlis Hadi Ning Saifulloh mengiris sisi kiri pertahanan Singapura dan umpan tariknya disambar dengan tendangan terarah dari Evan Dimas ke sudut kiri atas gawang Singapura. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Selepas itu, Singaoura meningkatkan intensitas tekanannya. Sahil Suhaimini dua kali mengancam gawang Indonesia melalui sundulannya. Satu bisa ditepis kiper Teguh Amirudin dan satu lagi dari jarak dekat beruntung melayang di atas mistar gawang Indonesia.

Pada menit 63, Indonesia kembali mendapat peluang dan kembali melalui Noviandani. Menerima umpan terobosan Paulo Oktavianus Sitanggang, tendangannya mengarah ke sudut kiri gawang Singapura, namun dapat ditepis kiper Syazwan.

Hanya 2 menit kemudian, Indonesia diuntungkan karena pemain Singapura Wai Loon kena kartu kuning kedua setelah menghantam Evan Dimas dari belakangan sehingga Indonesia unggul jumlah pemain.

Meskipun kalah jumlah pemain, Singapura tetap mencoba menekan Indonesia. Namun hingga menit 90 skor masih 1-0 untuk Garuda Muda. Artinya, jika angka ini bertahan, atau setidaknya seri, Indonesia lolos ke semifinal.

Setelah habis waktu reguler 2 x 45 menit, perangkat pertandingan menetapkan injury time hingga 7 menit, ini h=jelas kejadian langka begitu lama masa injury time yang jelas memberi kesempatan bagi Singapura untuk mencetak gol balasan.

Post a Comment

 
Top