0
Sambut lebaran 2015, Kementerian Perhubungan buka pendaftaran mudik gratis sepeda motor lebaran secara online
Sisi Hidup, Jakarta - Pada hari senin kemarin  Kementerian Perhubungan resmi membuka pendaftaran mudik gratis sepeda motor lebaran 2015 secara online (lihat link di bawah). Kapasitas mudik gratis sepeda motor lebaran yang disiapkan tahun ini cukup banyak untuk setiap moda. Moda kereta api, untuk arus mudik sebanyak 4.200 unit, dan arus balik 4.200 unit. Lalu, untuk lalu lintas angkutan jalan, arus mudik sebanyak 2.800 unit, dan arus balik sebanyak 400 unit. Dan untuk moda laut, arus mudik sebanyak 5.000 unit, dan arus balik sebanyak 5.000 unit.


Pendaftaran mudik gratis Kementerian Perhubungan
Pendaftaran mudik gratis Kementerian Perhubungan
"Kemarin, kami buka untuk pendaftaran online untuk booking seat dulu. Sedangkan, untuk pelayanan pendaftaran langsung baru dibuka mulai Senin (15/6) hingga Rabu (8/7) mendatang, di Kantor Balitbang Kemenhub, Jalan Merdeka Timur," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A Barata, Selasa (2/6).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bobby R Mamahit mengatakan, tren pemudik dengan kapal laut memang tidak sebesar animo penumpang pesawat udara. Hal ini dikarenakan waktu tempuh yang bisa mencapai hingga sepekan. "Namun, dari wilayah tertentu, seperti dari Kalimantan, moda kapal tetap menjadi primadona untuk mobilitas ke Jawa," katanya. Sehingga pemerintah berencana akan meningkatkan kapasitas dengan kapal laut, hingga 100 persen untuk mudik gratis lebaran tahun 2015.

Ia mengatakan, tahun 2015 ini kapasitas mudik gratis sepeda motor lebaran dengan kapal laut ditingkatkan hingga 100 persen. Tahun lalu dari target 5.000 unit, realisasinya mencapai 5.100 unit. Tahun ini, kita siapkan kapasitas mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut hingga 10.000 unit," kata Bobby.

Mudik gratis sepeda motor lebaran
Mudik gratis sepeda motor lebaran
Khusus untuk mudik gratis sepeda motor lebaran di Jawa, kapal pengangkut motor akan ditambah ke Surabaya, Jawa Timur. "Semarang tetap besar. Kan orang yang pulang ke Jawa kebanyakan ke Jawa Tengah. Tapi cuma satu kapal yang ke Surabaya, dari empat kapal," katanya.

Dari total jumlah pemudik yang ditargetkan tahun 2015 ini mencapai 20 juta orang, pemudik angkutan laut diprediksi mencapai 1,67 juta orang atau naik 3 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 1,62 juta orang. Dengan demikian, pendaftaran mudik gratis sepeda motor lebaran secara online ini diharapkan dapat mengakomodir target tersebut.

Selain untuk menekan jumlah kecelakaan, mudik gratis sepeda motor lebaran ini juga dipicu karena adanya prediksi bahwa tren mudik lebaran tahun 2015 ini cenderung beralih ke kendaraan pribadi terutama untuk jalur darat. Hal ini terlihat dari meningkatnya kepemilikan atas kendaraan pribadi.

Diperkirakan, pertumbuhan mobil pribadi pada lebaran 2015 yakni 5,8% atau menjadi 1,7 juta unit ketimbang Lebaran 2014 sebanyak 1,6 juta. Khusus jumlah sepeda motor juga diprediksi meningkat 7,7% menjadi 2,02 juta unit kendaraan. Adapun total volume lalu lintas kendaraan pribadi selama Lebaran 2015 naik 7,45% atau menjadi 4,2 juta unit kendaraan. Jumlah ini tentu akan berpengaruh pada kepadatan arus mudik lebaran yang imbasnya pada tingkat keselamatan para pemudik. Untuk itu, diharapkan para pemudik dapat memanfaatkan mudik gratis sepeda motor lebaran dengan mendaftar secara online pada situs http://mudikgratis.dephub.go.id yang telah dibuka sejak hari senin kemarin (1 Juni 2015).

Post a Comment

 
Top