0
Sisi Hidup - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah di mana setiap amal dilipat gandakan. Banyak di antara kita yang ingin beramal dan memiliki hati mulia ingin membantu sesama. Apalagi ketika melihat orang yang memiliki kekurangan, perasaan iba pun spontan akan muncul
Tipuan pengemis
Tipuan pengemis
Tapi pernahkah Anda bertanya apakah mereka benar-benar sesulit itu? Eitss tunggu dulu... belakangan kita digegerkan oleh sosok Kakek Winnie The Pooh Beristri 7 yang berhasil menipu sejumlah orang dengan mengaku hidup sebatangkara dan menderita strooke.

Keadaannya yang begitu memprihatinkan bahkan hingga ramai diperbincangkan di media sosial. Tapi sayangnya semua itu adalah tipuan belaka. Jadi, sebelum anda menjadi korban penipuan, kenali dulu modus-modus berikut ini:

1. Koreng Diberi Terasi
Luka bohongan ini tentu untuk menarik empati. Caranya, luka bohongan itu diberi obat merah dan diolesi terasi. Terasi fungsinya untuk mengundang lalat. Nah modus ini pasti sering kita lihat.
2. Pura-Pura Hamil
Biasanya mereka beroperasi di perempatan dengan dandanan orang yang sedang hamil. Mereka minta-minta dengan dalih uangnya untuk biaya melahirkan.
3. Tangan atau Kaki Buntung
Modus ini juga banyak dibongkar oleh para pegawai Dinas Sosial Jaksel yang berhasil melakukan operasi. Tangan mereka diikat dan talinya dililitkan ke perut biar enggak pegal. Sementara modus penipuan pengemis kaki buntung, kaki ditekuk ke belakangan.
4. Sekeluarga Tidur di Gerobak
Menurut data Dinas Sosial Jaksel, tiap tiba bulan Ramadan selalu muncul fenomena sekeluarga tidur di gerobak. Biasanya mereka membawa bayi dan anak-anak kecil. Sang ayah menarik gerobak, sementara ibu dan anak-anaknya di atas gerobak.

5. Pura-Pura Buta
Modus penipuan pengemis dengan pura-pura buta ini juga kerap dipakai untuk menarik empati. Inilah drama paling mudah mencari propertinya lantaran hanya modal tongkat dan kacamata hitam.
6. Mengkaryakan Anak-Anak
Orangtua menyuruh anak-anak mengemis. Kadang didandani agar membuat miris yang melihatnya. Mereka juga ada yang sengaja diberi seragam sekolah. “Kadang mereka tak tahu kalau hari itu libur sekolah. Jadi mana ada anak yang pakai seragam sekolah,” kata seorang petugas Dinsos.
7. Ibu-ibu penggendong bayi
Mungkin kita sering sekali melihat pengemis yang membawa anak dalam gendongannya. Tahukah anda, kebanyakan mereka adalah anak yang sengaja disewakan untuk meminta-minta. dan yang paling parah, mereka membius si anak seharian agar tidak rewel saat melakukan operasi. Bukankah kita selalu melihat anak dalam keadaan tertidur?
8. Dorong Nenek Sakit
Selain anak-anak dan bayi sebagai daya tarik, nenek yang dikondisikan sakit juga bisa menjadi magnet agar orang dengan suka rela memberi sumbangan.

Jadi gimana, masih mau beramal sembarang tempat?


Baca juga:  Kakek Winnie The Pooh Beristri 7

Post a Comment

 
Top